Kamis, 04 Juli 2013

Tape Bendul

Memasuki musim mudik pedagang tape bendul kebanjiran pembeli. Para pemudik mengunjungi kios-kios tape yang berjejer di pinggiran jalan raya di Desa Sukatani, Kecamatan Sukatani itu. Pemudik sengaja membeli penganan berbahan baku singkong yang digantung secara mencolok di setiap gerai-garai, itu sebagai buah tangan untuk dibawa pulang kekampung halaman.
Dari pantauan RAKA sepanjang libur lebaran kali ini, para pemudik tak henti-hentinya markir di kios-kios penjual tape dari pagi hingga menjelang malam, lantaran kios tape tak pernah tutup alias buka selama 24 jam.


Para wisatawan kerap menyebutnya sebagai tape gantung, lantaran saat dijajakan posisi tape bendul digantung di gerai-gerai, selain bentuknya unik, rasanya sangat berbeda dengan jenis tape singkong lainnya. “Rasanya lebih manis dan kenyal tak lembek,” kata Wawat (34) yang mengaku asal Karawang ini kapada RAKA, Jumat (24/8) kemarin.
Wawat mengaku buah tangan itu sengaja ia beli untuk keluarga dan sanak saudaranya yang ada di Karawang, sementara dia baru saja pulang mudik dari Bandung Barat, rumah orang tua suaminya.

Begitu pun Nana (42), warga Cipendei, Kabupaten Subang, ia sengaja singgah bersama rombongan satu busnya sepulang berlibur ke daerah Cirata. "Saya membeli tapi buat oleh-oleh untuk dibawa pulang, tadi saya sudah belanja hiasan keramik di Anjun, Plered, sekarang saya beli tape," tuturnya.
Sementara itu, pemilik gerai tape Nyai (50) warga desa setempat mengaku, selama musim mudik memang para penjual tape sedang dibanjiri pengunjung. Keuntungannya bisa mencapai 10 kali lipat dibanding hari-hari biasanya. "Ya Alhamdulillah, setiap hari selama libur lebaran ini peuyem (tape) di toko kami cukup diminati, rata-rata pembeli adalah pemudik," katanya.

Namun lanjut dia, serbuan pembeli kali ini setiap musim mudik terbilang menurun jika dibanding beberapa tahun lalu sebelum ada jalur tol Cipularang, karena kendaraan yang melintas memilih jalur tol, sehingga pembeli pun menurun. "Dulu sebelum ada tol pengunjung yang singgah lebih banyak," jelasnya.

Kedati begitu, banyak pedagang tape bendul yang pindah lokasi ke beberapa tempat peristirahatan rest area tol. "Disana peuyeum bendul juga banyak yang menjajakan," tandasnya.


Sumber : radar-karawang.com

Ditulis Oleh : Unknown ~ Sebagai Admin Blog RT6 Cibungur

HarySukaSuka Sobat sedang membaca artikel tentang Tape Bendul. Terima kasih telah berkunjung di Blog RT 6 Cibungur, Saran dan Kritik yang Membangun untuk Perbaikan Content dan Tampilan Blog ini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar